Pencak Silat Mendunia

Kawan-kawan 12 Nopember 2000 di Padepokan Pencak Silat Indonesia Jalan Taman Mini I, Jakarta Timur akan ramai didatangi , pesilat dari seluruh penjuru dunia seperti dari England, Belanda, Belgium, Swiss, Germand, Austria, Spanyol, Prancis, Turkie, Maroko, Palestine, Malaysia, Singapore, Philippines, Thailand, Myanmar, Brunei Darussalam,Vietnam, Jepan, Australia, Amerika (atas nama perguruan) dll.
Jika dilihat kenyataannya pencak silat budaya nenek moyang kita ini , lebih banyak lagi tersebar dimanca negara dari pada yang kita sebutkan diatas .

Salah satu contoh di Amerika saja pusat perkembangan pencak silat itu berada di California di Santa Monica, Santa Barbara, Hollywood, Philadelpia, New York ,Long Island, disana banyak sekali sekolah pencak silat. Di Latin Amerika Suriname, Venizuela, Maxico City berkembang pencak silat , di Europa Barat saja masih banyak sekolah pencak silat berkembang seperti di Milan Italy .

Sayangnya mereka semua tak mendapat sentuhan PESILAT sebagai organisasi dunia pencak silat satu-satunya , mereka tumbuh sendiri tampa bimbingan dari negara asalnya . Seandainya semuanya dapat ditangani secara baik dan serius mereka akan mau datang ikut berpartisipasi dalam meramaikan kejuaran pencak silat dunia 2000 d Jakarta.

Mari kita sama pikirkan bagaimana caranya mengembangkan pencak silat agar perkembangannya optimal seperti beladiri lainnya .

Mungkin pesilat intelektual muda , perlu mendirikan LSM/NGO untuk menanganinya Coba pikirkan….Selamat bertanding semoga sukses

Saluta a Palermo, Sicilia , Italy (il centro di mafioso)
O’ong Maryono